KENALI KONTEN YANG BERPOTENSI TIDAK PANTAS

KENALI KONTEN YANG BERPOTENSI TIDAK PANTAS


Industri musik kini semakin maju dalam satu minggu saja di Spotify dan iTunes Music  memperkenalkan minimal 30 musik baru dari luar negri dan dalam negeri. Tidak semua musik memiliki lirik yang layak konsumsi, kalimat fulgar kadang terselip dalam setiap lirik bahkan mungkin semua isi lirik memiliki konten yang tidak pantas untuk didengarkan oleh anak-anak.  Lalu pertanyaan siapa sih yang menjaga konten-konten tersebut?

Pada tahun 1985, RIAA bekerja dengan National Parent Teacher Association (PTA Nasional) dan the Parents Music Resource Center (PMMP) untuk menangani masalah mereka terkait konten eksplisit dalam rekaman suara. Organisasi tersebut mencapai kesepakatan bahwa rilis musik tertentu yang berisi lirik eksplisit, termasuk penggambaran eksplisit tentang kekerasan dan jenis kelamin, akan diidentifikasi sehingga orang tua dapat membuat pilihan mendengarkan musik yang cerdas untuk anak-anak mereka dengan mengenali tanda-tanda musik yang diberikan LABEL konten tidak pantas.

Bagaimana itu bekerja ?
Mungkin anda pernah melihat LABEL ADVISORY PARENTAL di cover depan album musik, apa sih sebenernya arti dari simbol tersebut. RIAA adalah pemiliki merek dagang PARENTAL ADVISORY EXPLICIT CONTENT (“PAL Mark”) penggunaan ini berkenaan dengan musik dan barang dagangan lainnya seperti merchandise. Setiap artis atau perusahaan rekaman yang ingin menggunakan PAL Mark untuk memberi label musik sesuai dengan standar RIAA dapat melakukannya tanpa biaya begitu mereka menyerahkan Perjanjian Lisensi dan menerima salinan yang ditandatangani sebagai imbalan beserta gambarnya. Penggunaan tanda PAL pada produk lain atau dengan cara lain dilarang tanpa izin tertulis dari RIAA. Pihak yang berminat harus menghubungi RIAA secara langsung di (202) 775-0101.

RIAA tidak mewakili pengecer rekaman, namun bekerja sama dengan Music Business Association, the Digital Media Association (DiMA), industri nirkabel, dan perusahaan teknologi terkemuka untuk memastikan bahwa orang tua diperingatkan bila konten yang berkemungkinan tidak pantas untuk anak-anak. Banyak retailers lokal juga memiliki kebijakan di dalam store yang melarang penjualan rekaman yang menampilkan PAL Mark kepada mereka yang berusia di bawah 18 tahun, dan banyak pengecer online juga menerapkan mekanisme kontrol orang tua. Dengan ini akses anak-anak terhadap media dapat diawasi agar hal-hal yang tidak diharapkan orangtua bisa diminimalisir. dengan alat ini orang tua  dapat memberikan keputusan yang tepat untuk anak-anak mereka dengan menjaga keinginan mendengarkan musik. Tanda PAL digunakan untuk membantu orang tua mengenali saat konten yang tidak pantas ada, dan diterapkan saat seorang artis dan perusahaan rekaman setuju bahwa ada kredibilitas musikal dan artistik dalam karya rekaman meskipun liriknya terlalu eksplisit untuk distribusi.

Siapa yang bertanggung Jawab ?

Industri musik bertanggung jawab atas hal ini, perusahaan rekaman bekerja secara langsung dengan artis untuk memutuskan rilis mana yang akan menerima Tanda PAL untuk menunjukkan konten eksplisit. Dalam beberapa kasus, perusahaan rekaman meminta seorang seniman untuk merekam ulang lagu-lagu tertentu atau untuk merevisi lirik karena tampilan musik yang kreatif dan bertanggung jawab menuntut revisi semacam itu. Terkadang lagu hanya dihapus beberapa liriknya saja dari album yang akan di release. Ketika kedua belah pihak memutuskan bahwa ada kredibilitas musikal dan artistik dalam karya rekaman meskipun liriknya eksplisit, Tanda PAL diterapkan langsung pada kemasan dan periklanan produk. hal untuk membantu orang tua menentukan apa yang mungkin tidak pantas untuk anak-anak mereka secara serius oleh karena itu RIAA dan perusahaan anggotanya menciptakan program Penasihat Parental Advisory (PAL). Jika terdapat bahasa atau satu kata saja yang penggambaran kekerasan, penyalahgunaan jenis kelamin atau narkoba didalam lirik, Tanda PAL biasanya diterapkan secara jelas pada kemasannya. Tanda PAL juga muncul akan muncul berhubungan dengan produk atau layanan musik digital atau dalam iklan untuk rekaman suara.

5 June 2017 News